Advertise Here

ragalz siTe

- Another Blogger Blog's

maKin haRi maKin paNas aj ne buMi. mSa maLem2 gni maSih panas jga. MySpace (it c lo aj yG bLond manDi ra..!!MySpace waH,, neRaka boCor ini mah??

mm,, ini sich nma nya eFek gLoBaL waRming.. siapa sih yang ngga tahu artinya GLOBAL WARMING? seCara GW (GLoBaL waRming) ini adalah masaLah yang mendunia yang muSti qta minimalisir sama2 suPaya buMi qta ini gaK cePet meLting aLias kiamat.. ga mau kan??

MySpace yaPs,, gW/pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Apa saja aKibat2nya? diBawah ini seDikit faKta dan oPini mengenai eFek gLoBal warming :
  1. LEBIH dari dua triliun ton es di Kutub Utara dan Kutub Selatan mencair sejak tahun 2003. “Antara Greenland, Antartika, dan Alaska, pencairan lapisan es telah meningkatkan air laut setinggi seperlima inci dalam lima tahun terakhir,” kata Scott Luthcke, geofisikawan NASA. “Saat ini Greenland turut meningkatkan setengah milimeter tingkat air laut per tahun,” kata ilmuwan es NASA Jay Zwally. “Pencairan terus memburuk. Ini menunjukkan tanda yang kuat dari pencairan dan amplifikasi. Tidak ada perbaikan yang terjadi,” lanjut Zwally. Desa Shishmaref, sebuah desa Eskimo di Alaska, terancam punah karena ini sebentar lagi jeblos ke dalam Laut Bering akibat lapisan es yang menjadi dasarnya kian menipis.
  2. Sudahkah kamu tau? 24 pulau di Indonesia dan beberapa pulau di Kepulauan Seribu sudah hilang tenggelam. Hilang dari perpetaan. Ini semua mungkin karena GW mencairkan es di kutub dan Greenland hingga membuat permukaan air laut naik. Akibatnya, pulau-pulau di seluruh dunia terancam tenggelam. Salju yang dulu menyelimuti satu-satunya tempat bersalju di Indonesia, yaitu Gunung Jayawijaya di Papua kini telah menghilang! Pencairan es adalah "harga mahal" yang harus dibayar manusia akibat pemanasan global.
  3. Suhu bumi meningkat karena tingginya emisi gas rumah kaca di atmosfer. Selama tahun 1990-2005 aja, suhu bumi naik 0,15-0,3 derajat celcius. kalau terus naik sampai 2 derajat, es di kutub utara dan selatan akan mencair lebih cepat lagi. Tahun 2040 diperkirakan lapisan es kutub-kutub bumi akan meninggi, menghapus garis pantai dan bikin penduduk di pesisir terpaksa mengungsi. Padahal 70% populasi dunia tinggal di daerah garis pantai. Worst case scenario adalah kalau air laut naik sampai 60 meter, maka ribuan pulau rendah di seluruh dunia dipastikan tenggelam!!
  4. Tahun 2005, ratusan ikan di perairan Amazon mati karena sungai tersebut kering! Wah, padahal di bayangan kita Amazon itu sangat asri ya? Pemanasan global sendiri memiliki efek yang sangat besar di area kutub dengan menghilangnya salju dan memicu peningkatan air terbuka (lautan) yang menyerap lebih banyak cahaya dan panas matahari. Salju dan es memantulkan cahaya matahari, nah saat mereka menghilang maka menghilang pula kemampuan mereka untuk mengalihkan panas matahari, maka lautan menjadi semakin panas. lalu gas dapat dilepaskan dari lautan, dan kita bisa keracunan.
  5. Pemanasan Global membunuh 315.000 orang di dunia setiap tahun. Kelaparan, penyakit, serta bencana alam merupakan dampak GW. Sebanyak 325 juta orang setiap tahun juga ikut merasakan sakit dari dampak ini. Jumlah itu akan meningkat dua kali lipat lebih dalam 20 tahun ke depan, atau sama dengan 10 persen dari total penduduk dunia yang saat ini mencapai 6,7 juta jiwa.
  6. Terjadinya badai El Nino ternyata meningkatkan jumlah kuman penyakit kolera di Bangladesh lho! Dan naiknya permukaan air laut menyebabkan Bangladesh lumpuh total dan menyebabkan 2 buah pulaunya menghilang karena terendam air laut. Negara Korea juga mengalami hujan deras yang menyebabkan banjir selama 2 bulan.
  7. Kebakaran hutan di Kanada telah menghanguskan 7,5 juta are. Itu sama luasnya dengan wilayah Negara bagian Maryland! Di Nikaragua 15 ribu kasus kebakaran dalam setahun, akibat naiknya panas dalam! Salah satu tempat penting yang terbakar adalah cagar alam Bosawas Biosophere Reserve. Lebih dari 2 juta hektar hutan Indonesia terbakar karena panas dan mengancam habitat orangutan di Kalimantan.
  8. Fakta Lain, Sementara Negara tetangganya kebanjiran, India justru mengalami serangan gelombang panas yang menewaskan 1700 jiwa. 90% lahan tanah basah di Iran kini sudah kering kerontang. Lebih dari 4000 danau di propinsi Qing Hai, Cina mengalami kekeringan. Lebih dari 25 juta penduduk Afrika meninggal atau kelaparan akibat kekeringan yang berkepanjangan. Negara-negara di Eropa mengalami gelombang panas, sehingga lebih dari 15 ribu orang di Perancis meninggal karena kepanasan. Totalnya ada sekitar 35 ribu warga Eropa yang tewas akibat panas ini. dan masih banyak lagi.
Hmm,, seRam kan..!! Itu baru sedikit dari banyak sekali opini yang bahkan menyebutkan kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Ini bukan masalah percaya atau tidak, pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati harus benar2 dipakai kali ini sebelum semua benar2 terlambat. Jika hal di atas terus berlanjut dan mereka/KITA tidak memperbaikinya, maka dalam 4 atau 5 tahun, TAMATLAH. Tidak ada lagi. Ini benar-benar darurat.
Maka dari itu Ayo buruan benahi bumi kita biar kejadian kayak gini ga' akan terjadi!! MySpace
Banyak hal yang bisa dan harus qt lakukan. Bisa dengan nanam pohon, tapi kalau tidak punya lahan, bisa juga kamu merawat tanaman yang ada ditempatmu. Trus dengan tidak memakai listrik yang berlebihan, kurangi pemakaian alat listrik yang dapat mengeluarkan hawa panas, seperti: hair dryer, kurangi pemakaian kaca untuk pembuatan rumah, kendaraan yang mengeluarkan emisi berlebihan mending dikandang'nd aja, tidak membakar sampah, buang sampah pada tempatnya. mulailah dari hal kecil, misalnya bijak menggunakan air, listrik, minyak, etc.Oya, dengan menjadi vegetarian selama 1 tahun menghemat 1,5 ton emisi relatif terhadap pola makan standar Amerika, 50% lebih banyak daripada beralih dari mobil SUV ke Toyota Prius. Oke, jadi siapa yang ingin membantu menjaga bumi kita? Jadilah vegetarian mulai sekarang! Atau setidaknya, kurangilah makan daging-dagingan, selain menjaga bumi kita, kita juga bisa menjaga kesehatan tubuh kita!

0 komentar: